PELNI BALIKPAPAN

HOTEL SAGITA BALIKPAPAN

BALLROOM HOTEL SAGITA

RESTAURAN HOTEL SAGITA

TERAS CHOPSTIC RESTAURAN HOTEL SAGITA

SWIMMING POOLL HOTEL SAGITA

AREA PARKIR HOTEL SAGITA

BALIKPAPAN


Bisma Jaya Disuruh Tertutup Alias Bungkam



Informasi mengenai penyebab terbaliknya kapal LCT Daniel 8019, juga mengenai informasi kondisi kapal maupun kelaikan kapal sebelum berlayar, kondisi kapten kapal bersama ABK sebelum berlayar, kelengkapan peralatan keselamatan kapal LCT,  saat ini Bisma Jaya tertutup. Termasuk menyangkut  informasi upaya pencarian nakhoda Kamarlan Siahaan yang belum ditemukan sejak LCT Daniel 8019 terbalik Jumat 8 Mei 2015, tidak mau berkomentar.

Kondisi ini, membingungkan pihak media massa dan publik  mengenai upaya apa yang akan segera dilakukan oleh pihak PT.Bisma Jaya selaku owner kapal LCT Daniel 8019. Padahal,  yang bertanggungjawab mengenai upaya membalikkan kapal LCT adalah pihak Bisma Jaya.
LCT Daniel 8019 Kondisi Terbalik

Hal ini juga diperkuat oleh pernyataan Riski karyawan PT Patra Trading ketika  dikonfirmasi di pelabuhan Somber Kamis 21/05/2015. Menurut Riski PT Patra Trading selaku anak perusahaan Pertamina ini hanya kontrak kapal LCT Daniel 8019 dengan PT Bisma Jaya selaku pemilik. Riski mengatakan terhadap LCT terbalik itu tanggungjawab Bisma Jaya, ungkap Riski saat ditemui tim wartawan.

Apabila LCT Daniel 8019 telah berhasil dibalik,  tentu dapat membuka tabir keberadaan nakhoda Kamarlan Siahaan. Hingga saat  ini semakin tidak ada kepastian, apakah Kamarlan Siahaan masih hidup atau sudah meninggal.
Ketika Majalah Borneo Online menemui Dirut PT Bisma Jaya (Kamis 21/05/15), Suluh yang mengaku sebagai management revresentatif PT Bisma Jaya mengatakan pak Imam Muslikin (Dirut) sedang tidak berada di kantor.
Kemudian, setelah Suluh mengetahui saat itu Majalah Borneo Online ingin konfirmasi / klarifikasi berbagai informasi mengenai seputar LCT Daniel 8019 terbalik tersebut, Suluh langsung mengatakan “kalau dari kami sih sebenarnya sudah sepakat dengan pihak Pertamina maupun Patra Trading,  silakan kontak Ibu Andarwati orang Pertamina, ia memang humasnya yang merupakan public speaker, ujar Suluh menghindar untuk member jawaban.
Tambah Suluh, kami sudah ada sepakat antara Bisma Jaya dengan Pertamina dan Patra Trading bahwa untuk memberikan segala informasi bagi Pers apakah itu data maupun informasi tentang LCT terbalik, itu  tanyakan Andarwati, ungkap Suluh. 
Menurut Suluh,  Andar Titi Lestari (Andarwati-nama panggilan) selaku orang Pertamina sudah disepakati oleh tiga perusahaan menjadi sumber informasi tentang LCT Daniel 8019 karena LCT milik Bisma Jaya tersebut mengangkut LPG milik Pertamina, papar Suluh.
Istri Kamarlan Siahaan dan keluarga tiba di pelabuhan Somber
Tertutupnya pihak Bisma Jaya tentang informasi yang dibutuhkan publik mengenai upaya apa saja yang segera dilakukan untuk membalik kapal LCT Daniel 8019 karena nakhoda Kamarlan Siahaan belum juga ditemukan hingga 14 hari sejak kejadian, tentu dapat mengakibatkan berbagai informasi tak pasti dan praduga miring, bahkan keresahan dan duka semakin mendalam di pihak keluarga nakhoda.
Berbagai informasi yang perlu disampaikan oleh pihak bertanggungjawab yakni Bisma Jaya  mengenai upaya membalik LCT tersebut dapat segera dilakukan dengan pasti. Informasi yang lebih terbuka,  sudah tentu itu dapat dikonsumsi khalayak melalui berbagai media masa sehingga selain publik puas, keluarga korban pun dukanya tidak semakin mendalam jika memang pihak Bisma Jaya sudah membuktikan upaya maksimal telah dilakukan, termasuk memberikan informasi kondisi LCT sebelum berlayar kepada publik melalui berbagai media massa.
Satu-satunya ABK yang belum tau keberadaannya yakni nakhoda Kamarlan Siahaan, publik juga tidak bisa memastikan apakah Kamarlan sudah meninggal atau masih hidup. Apalagi pihak keluarga selalu berharap Kamarlan  segera ketemu dalam kondisi hidup.
Jika pihak Bisma Jaya terbuka kepada media, berbagai jawaban pihak Bisma Jaya tentu dapat memberi gambaran terhadap keberadaan nakhoda. Informasi yang terbuka juga menjadi pintu pembelajaran bagi public terutama pengusaha yang bergerak di bidang transportasi kapal laut.
Namun,  karena tertutupnya pihak Bisma Jaya hanya sedikit informasi yang diketahui oleh publik mengenai kelengkapan alat keselamatan ABK didalam kapal LCT Daniel 8019, kondisi fisik nakhoda bersama ABK sebelum berlayar, kondisi kapal sebelum berlayar, tingkat ketinggian tumpukan LPG didalam LCT maupun alat body balancing yang digunakan LCT saat itu setelah dimuat mengimbangi ketinggian tumpukan LPG, tidak diperoleh informasi oleh public melalui media massa karena Bisma Jaya bungkam.
Bisma Jaya memang sudah tertutup. Hal ini diperkuat oleh pernyataan Suluh “kami memang  sudah disuruh tertutup, itu berdasarkan kesepakatan kami, kata Suluh” kepada Majalah Borneo di kantornya.
Ketertutupan Bisma Jaya terhadap informasi yang dibutuhkan publik kepada Pers bukan saja statement Suluh (21/05/15).  Jumat 22 Mei 2015 ketika Majalah Borneo Online juga bertemu dengan Imam Muslikin Dirut PT Bisma Jaya, Imam Muslikin mengakui bahwa pihaknya sudah disuruh tertutup. Imam Muslikin mengatakan “saya sampaikan,  saya tidak akan berkomentar, ujarnya.
Ketika ditanyakan wartawan kembali,  kenapa tidak mau berkomentar pak Imam, itu tanyakan kepada Pertamina, jawab Imam Muslikin. Tambahnya,  saya tidak akan ngomong lagi pak, saya tidak ngomong apa saja, tandas Dirut Bisma Jaya ini sehingga wartawan tidak mendapat informasi lebih jauh tentang upaya maksimal yang akan dilakukan maupun seputar mengenai LCT dan ABK sebelum berangkat berlayar hingga terbalik.
Ketika Andar Titi Lestari selaku Senior Supervisor External Relation Pertamina UPms VI Balikapan ini ditemui wartawan Majalah Borneo Online (Jumat 22/05/15), Andar Titi Lestari sedang dinas luar di Pontianak. Hal ini diinformasikan oleh karyawan humas Pertamina via telepon kepada recepsionist yang bertugas saat itu.
Saat itu, tak satu pun karyawan humas Pertamina UPms VI bersedia dikonfirmasi. Bahkan saat itu, terdengar percakapan via  telepon dari recepsionist dengan mas Bagja bahwa semua informasi mengenai LCT Daniel 8019 hanya bisa diwawancara kepada Andar Titi Lestari.
Selanjutnya, menurut informasi dari karyawan yang dihubungi oleh karyawan recepsionist tersebut Andarwati (Andar Titi Lestari) sudah berada di kantor Pertamina UPms VI Balikpapan.  


Sekedar Mengenal Bisma Jaya.

PT. Bisma Jaya dibawah pimpinan Imam Muslikin memulai bisnis mendukung usaha kayu, saat ini sudah  berkembang menjadi sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknik dan konstruksi, didirikan sejak tahun 1983 di kota minyak Balikpapan.

Seiring waktu, saat ini  Bisma Jaya adalah mitra terpercaya bagi perusahaan minyak, gas dan pertambangan batu bara di Kalimantan Timur. Menurut Dirut, hal ini karena Bisma Jaya berlaku standar internasional dan keselamatan yang tinggi dalam setiap proyek. Ini mencerminkan komitmen kami untuk memberikan pelayanan yang baik kepada setiap mitra dan dedikasi untuk selalu menjaga janji kami. Hal ini membuat Bisma Jaya perusahaan profesional untuk melayani industri minyak, gas dan pertambangan batubara.

Bisma Jaya memiliki keahlian untuk menjalankan proyek yang sukses, mulai dari Manajemen Proyek, Kualitas Sistem, Sumber Daya Manusia, Keselamatan & Kesadaran Lingkungan, untuk Fasilitas Pendukung, Peralatan dan Tools.

"Bisnis adalah cara untuk membuat persahabatan yang baik, untuk bertukar pengalaman baik dan untuk mendapatkan pengetahuan dan kebijaksanaan, maka untuk meningkatkan kekayaan dan kemakmuran rakyat "adalah motto kami percaya akan bekerja dalam membangun kemitraan yang kuat. Oleh karena itu, Anda dipersilahkan untuk membangun hubungan bisnis dengan kita. Inilah yang dituangkan dalam visi dan misi Bisma Jaya. (redaksi)

 ==========================================================
Penyebab Terbaliknya LCT Daniel 8019 Masih Misteri

Terbaliknya kapal LCT Daniel 8019 milik PT.Bisma Jaya, sampai hari ini Kamis 21 Mei 2015, kondisi kapal masih seperti semula alias dasar lambung kapal tertelungkup menadah ke atas. Atas kejadian ini, Kapten kapal Kamarlan Siahaan hingga memasuki 14 hari sejak kejadian belum juga ditemukan. Sedangkan 5 (lima) ABK berhasil menyelamatkan diri yakni Jublin, Adrian, M Zainal, Bustan dan Siswanto. 
LCT Daniel 8019 terbalik (kondisi tgl 15/05/15)


LCT Daniel 8019 pada 8 Mei 2015 sekitar pukul 21.00 wita usai memuat LPG sebanyak 37.360 tabung di pelabuhan PT Dian Yusva perairan Somber,  rencananya akan berangkat menuju Tarakan. Namun saat itu, LCT Daniel 8019 saat mau berlayar mengalami kandas sehingga harus dibantu didorong eksavator. Hal ini diperkuat  keterangan beberapa orang saksi.  



Di tempat terpisah, kepada media massa Direktur Polisi Perairan (Polair) Polda Kaltim, Kombes Yassin Kosasih mengatakan sebanyak enam orang saksi dimintai keterangan. LCT Daniel 8019 dari perairan Somber menuju Tarakan sempat memgalami kandas, namun usai di dorong dengan eksavator, kapal kembali normal dan sempat olah gerak.

“Saat berangkat, kapal masih dalam posisi stabil. Dilanjutkan kembali, namun tiba-tiba oleng dan terbalik,” terang Yassin melalui Kasubdit Gakum Polair Polda Kaltim, AKBP Djarot Agung Riadi.

Keterangan tersebut diambil berdasarkan keterangan enam orang saksi dari kru kapal yang selamat. Berdasar dari keterangan terakhir yang didapat dari kepala kamar mesin (KKM), sebelum kapal terbalik, posisi mesin masih menyala.

Kapal LCT Daniel 8019 masih tertelungkup
“Namun saat mualimnya bilang posisi kapal sedang miring, kapten dan KKM yang berada di anjungan kapal secara bersamaan, memutuskan bersandar di kapal tongkang, yang berada tidak jauh dari lokasi, untuk balancing muatan yang miring,” terang pria yang biasa disapa Djarot ini.
Saat hendak sandar, muatan terlebih dahulu bergeser membuat kapal semakin miring, kemudian tenggelam hingga terbalik.
 “KKM usai miring dia pergi ke pintu anjungan sebelah kanan, dan kapten masih dalam posisi mengemudi. Saat dimintai keterangan di sini KKM juga mengatakan jika kapten terlihat posisinya di pintu sebelah kiri dan memanggil ‘Be (sapaan kapten babe) ke sini,’ namun KKM lebih memilih mencari life raft yang berada di samping kapal, karena dirinya tidak bisa berenang,” jelas Djarot.
 “Kalau kelebihan muatan kami tidak bisa memastikan, karena berdasarkan keterangan pemilik, kapal yang digunakan sudah tiga kali membawa tabung gas elpiji melon, dengan muatan yang sama seperti sebelumnya. Kami akan koordinasikan dengan pihak KSOP untuk saksi ahli kapasitas sebenarnya,” tutupnya. 
Ditempat terpisah, Tampubolon salah satu keluarga korban Kamarlan Siahaan membenarkan sejak Kamarlan Siahaan menakhodai LCT Daniel 8019, sudah tiga kali berlayar mengangkut barang yang sama,  dari perairan Somber menuju Tarakan.  Jadi, Kapten Kamarlan Siahaan, sudah mengenal kondisi pelabuhan ini alias sudah terbiasa berlayar dari pelabuhan ini menuju Tarakan. Kenapa yang ke empat kali ini kapal bisa terbalik, ujarnya seraya bertanya.
Hingga saat ini Kamis 21 Mei 2015, pihak KSOP Balikpapan belum juga memberikan jawaban mengenai penyebab terbaliknya LCT Daniel 8019 termasuk hasil pemeriksaan dokumen kapal, hasil pengawasan tentang kelaikan berlayar, kesehatan ABK. Termasuk owner kapal belum juga bisa ditemui untuk dikonfirmasi mengenai seputar tentang kondisi LCT  sebelum berlayar. (tim Redaksi)
=========================================================================================================


JOB MARKET FAIR 2015 KOTA BALIKPAPAN

BUKA PELUANG 3.000 LOWONGAN KERJA



Kegiatan Job Market Fair 2015 berupa Pameran Bursa Kerja  yang diadakan oleh Disnakersos Kota Balikpapan bekerjasama dengan berbagai perusahaan di Kota Balikpapan, memberi peluang penyerapan tenaga kerja sebanyak 3.000 (tiga ribu) orang dalam tahun 2015.

Job Market Fair yang merupakan Program  Recruitment Tenaga Kerja Secara Langsung disediakan oleh 85 perusahaan Kota Balikpapan yang telah siap memberi peluang kerja bagi para pencari kerja warga Kota Balikpapan untuk tahun 2015 ini.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Balikpapan melalui Kabid Pengembangan, Pelatihan & Penempatan Tenaga Kerja Bambang Supriyanto kepada Majalah Borneo Online diruang Meeting Disnakersos Selasa 19 Mei 2015 kemarin.

Kegiatan Job Market Fair 2015 yang telah diadakan pada tanggal 29-30 April lalu menurut Bambang Supriyanto dibuka oleh Walikota Balikpapan diwakili Staf ahli bidang  Sosial Heri Mustoto diharapkan lowongan yang tersedia  terbuka bagi 3.000 tenaga kerja yang akan diterima diberbagai bidang keahlian.

Kegiatan Job Market Fair Kota Balikpapan ini terus diadakan oleh Pemkot Balikpapan setiap tahun. Menurut Bambang Pemkot Balikpapan akan mengadakan kegiatan yang sama dua kali dalam tahun 2015.

Lebih jauh Bambang Supriyanto mengutarakan dalam kegiatan Job Market Fair ini setiap perusahaan menerima lamaran pencari kerja dan langsung wawancara sebagai seleksi berkas lamaran atau disebut seleksi awal.  Sementara itu para pencari kerja bisa membawa lamaran lebih dari satu atau dengan kata lain para pencari kerja tidak dibatasi untuk melamar pada satu perusahaan saja.

Pada momen Job Market Fair ini ada 4.000 orang pencari kerja yang datang membawa lamaran pada kegiatan kerjasama tersebut, ungkap Bambang. Setiap calon tenaga kerja yang datang membawa lamaran, tambah Bambang  masing-masing calon pencari kerja langsung diwawancara oleh perusahaan bersangkutan sebagai proses seleksi awal diterima atau tidaknya lamaran pencari kerja.

Kemudian, proses seleksi selanjutnya terus dilakukan oleh setiap perusahaan hingga mendapatkan SDM sesuai lowongan yang tersedia di perusahaan bersangkutan. Dalam kegiatan Job Market Fair 2015 April lalu, Bambang mengungkapkan lowongan tenaga kerja yang paling banyak dibutuhkan di bidang perhotelan. Tahun lalu, tambah Bambang, lowongan paling banyak tersedia dalam kegiatan Job Market Fair di bidang perbankan. Bambang juga mengungkapkan kegiatan Job Market Fair ini diadakan di gedung DOME sejak  tiga tahun terakhir ini dan Job Market Fair 2015 ini merupakan Job Market Fair paling besar selama ini, ujarnya.  (Mandar)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SPGRM Kelurahan Margasari Sedang Proses
Di Bagian Pembangunan

Rencana program tahunan pembangunan perbaikan lingkungan kelurahan yang saat ini disebut  SPGRM Kota Balikpapan, dikelurahan Margasari  Kebun Sayur Kecamatan Balikpapan Barat ini,  untuk periode tahun 2015 saat ini sedang proses usulan dari Kelurahan telah masuk di Bagian Pembangunan Pemkot Balikpapan dua hari lalu.
Selanjutnya,  tahap berikut akan masuk di Unit Lelang Proyek (ULP) untuk mendapatkan kontraktor pemenang tender/lelang via online. Ketika sudah dibuka proses lelang, kita terus pantau untuk mengetahu sejauh mana proses lelang berjalan. Hal ini disampaikan oleh Kasi Pembangunan Kelurahan  Margasari  Aprilia  di ruang kerjanya, Jumat 15 Mei 2015.
Total anggaran SPGRM 2015 di Keluarahan Margasari disebutkan oleh Aprilia yakni sebesar Rp.235.000.600.202,- bagi 15 Rukun Tetangga (RT) yang layak mendapatkan SPGRM. Jika dibandingkan tahun 2014 lalu besar anggaranya tidak berbeda alias kurang lebih sama.
Aprilia selaku Kasi Pembangunan yang masih muda ini lebih lanjut mengatakan sebelum ditentukan kontraktor pemenang tender, pihak kelurahan akan bertemu kembali dengan pihak pengurus RT bersama LPM untuk pematangan rencana pelaksanaan SPGRM dimasing-masing RT.

Ketika ditanya tentang kapan hasil lelang dapat diketahui, Aprilia mengutarakan berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, sekitar 2 (dua)  minggu setelah dibuka tender secara online sudah diketahui pemenangnya, harapan kita sih lebih cepat lebih baik, ungkap Aprilia.
Menurut Kasi Pembangunan ini, jenis kegiatan pembangunan SPGRM dikelurahan Margasari didominasi proyek semenisasi, perbaikan jalan dan jembatan. Tambah Aprilia, dari 15 RT yang mendapatkan SPGRM hanya ada satu RT yang usulkan pembangunan drainase yaitu RT.17. Diperkirakan pelaksanaan SPGRM Kelurahan Margasari paling lama bulan Agustus 2015 sudah mulai dilaksanakan, jelas Aprilia.  (Mandar) 
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 20 ORANG PPNS IKUTI WORKSHOP 
PEMBUATAN BAP CEPAT & SINGKAT 
 
PPNS sedang mengikuti workshop pembuatan  BAP
Pelaksanaan Workshop Pembuatan Berita Acara (BAP) Cepat dan Singkat Bagi Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dilingkungan Pemkot Balikpapan dilaksanakan 27-30 April 2015. Workshop PPNS selama 3 hari ini dipanitiai oleh Satpol PP dan para pesertanya dari berbagai instansi  Pemkot Kota Balikpapan.
Ketua Panitia pelaksana workshop ibu Pranti Firdausi mengutarakan pelaksanaan workshop bagi PPNS oleh Pemkot Balikpapan dipanitia oleh Satpol PP.  Ditambahkan ibu Pranti ini,  jumlah peserta workshop ada  20 orang PNS dari 13 dinas/instansi lingkungan  Pemerintah Kota Balikpapan antara lain Dishub, Kantor Camat, Kantor Kelurahan, Satpol PP. 
Menurut Pranti dilingkungan Pemerintah Kota Balikpapan ada 34 orang jumlah PPNS, namun pada kegiatan workshop kali ini hanya sebagian besarPPNS  yakni sebanyak 20 orang yang dipanggil mengikuti workshop.
Selanjutnya, tambahnya, yang menjadi nara sumber dalam Workshop Pembuatan BAP Cepat dan Singkat Bagi PPNS berasal dari Kejaksaan Negeri Kota Balikpapan Ibu Rantetasik, SH, Polres Balikpapan dari bidang Porwas Nyoman Darmayasa dan Kepala Satpol PP Propinsi Kaltim Hasanuddin, sebagaimana disampaikan oleh Pranti.
Menurut Pranti yang menjadi tujuan pelaksanaan workshop Pembuatan BAP ini sudah tentu untuk meningkatkan pengetahuan,  keterampilan, sikap dan perilaku PPNS dilingkungan Pemkot Balikpapan dalam rangka melakukan tugas. Lebih jauh Ibu Pranti Firdausi ini mengutarakan setelah peserta selesai mengikuti workshop diharapkan para PPNS lebih memahami tugas mereka sebagai PPNS dan trampil dalam melakukan pemeriksaan/penyelidikan, penyidikan serta cepat dalam penyusunan berkas-berkas berita acara pemeriksaan. 
Diketahui, saat ini makin bertambahnya Perda Kota Balikpapan yang harus diawasi oleh Satpol PP di lapangan. Diakui Pranti pelaksanaan workshop ini termasuk untuk mendukung pelaksanaan Operasi Yustisi oleh Pemkot Balikpapan dalam rangka penegakan Perda No.10/2004 tentang Pengelolaan Persampahan. Operasi Yustisi ini kembali diberlakukan Pemkot Balikpapan sejak Pebruari lalu hingga Desember 2015 yang akan datang. (Pasaribu)

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sosialisasi Tiga Perda Baru Kota Balikpapan
 
Nara Sumber Bersama Lurah Gn Sari Saat Sosialisasi PERDA Balikpapan

Sosialisasi produk perda tentang IMB, Izin Gangguan, UMKM di kelurahan Gunung Sari Ilir Kecamatan Balikpapan Tengah dilaksanakan Senin 16 Maret 2015 berlangsung lancar. Sosialisasi ini disampaikan kepada warga melalui para ketua RT, pengurus PKK, guru, dan tokoh masyarakat dari seluruh RT Kelurahan Gn Sari Ilir.

Acara sosialisasi produk hukum dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Gn Sari Ilir dan dibuka oleh Bapak Suparli selaku Lurah Gunung Sari Ilir. Dalam kata sambutan Lurah Suparli mengungkapkan, sosialisasi ini sangat penting bagi warga, yang mana Perda berisi berbagai hal informasi, ketentuan-ketentuan sehingga dapat menghindari adanya komplein dari warga ketika ketua RT maupun aparat kelurahan memberi teguran karena tidak sesuai dengan ketentuan IMB, Izin Gangguan dan UMKM.

Suparli mencontohkan pernah terjadi warga justru tidak gubris teguran ketua RT saat ketua RT memberitahu bahwa pembangunan rumah warga tersebut tidak sesuai dengan aturan perda IMB. Hal seperti ini terjadi karena warga belum mengetahui dan memahami ketentuan-ketentuan yang terdapat dalam Perda IMB tersebut. Dengan demikian, ketua RT, pengurus PKK, tokoh masyarakat yang hadir mengukuti acara sosialisasi ini bersama dengan pegawai Kelurahan diharapkan semakin lebih aktif menyampaikan informasi ketentuan Perda ini kepada warga masyarakat sehingga ketentuan perda semakin dipahami warga di wilayah RT masing-masing, ungkapnya.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, materi tentang informasi dan ketentuan mengenai Izin Mendirikan Bangunan (IMB) disampaikan oleh Husein selaku nara sumber dari Dinas Tata Kota dan Perumahan.

Menurut Husein Perda No.3/2012 tentang IMB ini telah disosialisasikan tahun lalu namun dalam perubahannya menjadi Perda No.4/2014 ada pengaturan-pengaturan lebih rinci. Lebih jauh disampaikan, persyaratan administrasi pengurusan IMB oleh pemohon yaitu mengisi formulir PIMB (diloket), melampirkan fotocopy KTP, melampirkan SPPT PBB, copy lunas SPPT PBB, copy bukti pemilikan lahan (Sertifikat atau IMTN) dan melampirkan gambar teknis bagunan.

Husein menambahkan, pemohon IMB bisa perseorangan dan pemohon badan usaha atau badan hukum seperti CV atau PT. Permohonan IMB baik perorangan maupun badan usaha bisa ditolak apabila tidak memenuhi syarat adaministratif maupun bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku seperti adanya kepentingan umum; mengganggu ketertiban umum; tidak menjaga/tidak sesuai dengan kelestarian, keserasian dan keseimbangan lingkungan, paparnya.

Husein lebih jauh mengutarakan IMB yang diberikan oleh Pemkot Balikpapan kepada pemilik bangunan gedung apabila pemilik membangun gedung baru, megubah bangunan,  memperluas bangunan atau mengurangi bangunan gedung sesuai persyaratan administrasi dan persyaratan teknis, ujarnya.

Dalam kegiatan sosialisasi ini Husein menginformasikan kepada masyarakat bahwa Kantor Dinas Tata Kota dan Perumahan saat ini telah menyediakan loket untuk mendapatkan informasi penting mengenai syarat dan proses permohonan IMB, tandasnya.

Selanjutnya sosialisasi  Perda No.6/1914 tentang Izin Gangguan,  sekaligus sosialisasi Perda No.8/2014 tentang Izin Reklame, yang menjadi nara sumber Bapak Edo dari Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T).  Edo menyampaikan apabila kita ingin melakukan kegiatan usaha, usaha apapun maka wajib kita mendapatkan tempat usaha yang sekarang disebut Izin Gangguan. Sedangkan obyek izin gangguan adalah pemberian izin tempat usaha kepada orang pribadi atau badan usaha sesuai dengan Perda No.6/2014.

Menurut Edo yang menjadi persyaratan pokok untuk mengajukan permohonan izin gangguan yaitu  IMB, fotocopy KTP, fotcopy lunas PBB, fotocopy bukti pemilikan tanah (Sertifikat atau IMTN) dan pas photo untuk izin gangguan perorangan. Sedangkan bagi badan usaha tambahannya melampirkan akte notaries, paparnya. 

Izin Gangguan wajib dimiliki apabila tempat usaha dimaksud dapat mengakibatkan gangguan sebagaimana tertuang dalam Perda No.6/2014 tentang Izin Gangguan.

Persyaratan teknis  dimaksud setelah  permohonan diterima lengkap dan selanjutnya ditinjau ke lapangan maka maka dinyatakan layak atau tidak layak. Jika dinyatakan secara teknis layak untuk usaha dimaksud maka diterbitkan Izin Gangguan sekaligus menjadi izin tempat usaha. Terbitnya Izin Gangguan ini selama 12 hari kerja sejak persyaratan permohonan diterima secara lengkap dan benar. Bahkan jika permohonan izin tersebut lengkap tanpa ada perubahan administrasi maupun secara teknis lancar bisa terbit selama sepuluh hari kerja, ujarnya.

Lebih jauh Edo mengutarakan sebelumnya Izin Gangguan berlaku selama 3 (tiga) tahun, namun dalam pemerintahan Presiden Jokowi ini kelihatanya kebijakannya pro rakyat sehingga saat ini Izin Tempat Usaha (Izin Gangguan) ini berlaku selama usaha tersebut masih jalan.jelas Edo.    

Sedangkan Izin Reklame, Edo mengatakan izin reklame dibutuhkan apabila pelaku usaha mencantumkan nama usaha di tempat usaha tersebut. Atau memasang papan atau spanduk reklame ditempat tertentu maka wajib mengurus izin reklame.

Menurut Edo, dalam memperoleh izin reklame, ada reklame tertentu diwajibkan untuk memiliki IMB reklame jika misalnya lebar reklame lebih dari 2 (dua) meter, jelas Edo.

Sosialisasi Perda No.12/2014 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kelurahan Gn Sari Ilir ini yang menjadi nara sumber Edy Sudarsih dari Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) memaparkan salah satu pertimbangan ditetapkannya Perda UMKM ini karena peran penting UMKM ikut menopang laju pertumbuhan ekonomi daerah dan banyak menyerap tenaga kerja sehingga mampu mengurangi terjadinya pengangguran.

Selain itu, tambah Edy Sudarsih bahwa dalam rangka menumbuhkan iklim UMKM yang memiliki daya saing kuat maka perlu dilakukan pembinaan, pemberdayaan, pengembangan dan perlindungan UMKM itu sendiri, papar Edy.

Menurut Edy Sudarsih pemerintah kota akan terus berupaya melakukan pembinaan dan pemberdayaan UMKM karena UMKM ini berazaskan kekeluargaan, demokrasi ekonomi, kebersamaan, berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, keseimbangan kemajuan dan memiliki kesatuan ekonomi.

Sedangkan tujuan pengelolaan UMKM itu untuk menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan UMKM menjadi usaha tangguh, mandiri dan berkesinambungan. Selain itu juga peran serta UMKM dalam pembangunan daerah, menciptakan lapangan kerja, pemerataan pendapatan, menumbuhkan ekonomi, dan pengentasan kemiskinan, peningkatan daya saing usaha, serta penyelenggaraan perencanaan, pengendalian dan pengawasan terpadu, paparnya.

Menurut Edy Sudarsih, berbagai pola kemitraan yang dapat dilaksanakan untuk UMKM seperti pola Inti dan Plasma. Dalam pola ini, usaha besar sebagai inti dan UMKM yang menjadi plasma. Pola lain yaitu menjadi sub kontrak, waralaba, perdagangan umum, distribusi dan keagenan maupun bentuk kemitraan lain seperti bagi hasil atau kerjasama. 
Edy Sudarsih melanjutkan, berbagai hal kemudahan diberikan pemerintah bagi UMKM dan adanya larangan bagi usaha besar maupun menengah tidak menguasai UMKM mitra usahanya  sehingga UMKM diharapkan dapat berkembang dan lebih mandiri.  (Mgdr)
=======================================================================================================
 SPGRM BATU AMPAR   
dan 
MEKAR SARI SERATUS PERSEN

Proyek Semenisasi SPGRM Batu Ampar
Proyek pembangunan dan perbaikan lingkungan kelurahan melalui program SPGRM di kelurahan Batu Ampar, pada akhir September 2014 pelaksanaan proyek sudah rampung seratus persen. SPGRM di kelurahan Batu Ampar Iini dikerjakan dalam dua tahap sesuai dengan usulan para RT yang ada dilingkungan kelurahan tersebut.
Hal ini diketahui Majalah Borneo Online sebagaimana disampaikan Kasi Pembangunan Kelurahan Batu Ampar ibu Hasanah, SP Rabu 01 September 2014 lalu. Ia mengatakan “pelaksanaannya (SPGRM-red) sudah 100 persen”  Pelaksanaan terbagi dari dua tahap, hal ini kita lakukan jadi dua tahap karena tergantung dari kegiatan para RT yang mengajukan proposal lebih awal, lalu kita jalankan”, papar Hasanah.
Hasanah menjelaskan, tahap pertama ada 16 RT yang sudah mengajukan proposal dan telah disetujui, lalu kita dropping bahan. Para RT langsung mengerjakan sambil kita mengumpulkan proposal dari RT-RT lain. Setelah usulan proposal dari RT lain lengkap dan telah diverifikasi selanjutnya dinilai layak menerima SPGRM, lalu kita dropping lagi bahan/material bangunan untuk 16 RT tersebut, sehingga RT bersangkutan juga bisa kerjakan. Hasanah lebih jauh mengatakan, tahun 2014 Kelurahan Batu Ampar ada 32 RT yang mendapat proyek pembangunan dan perbaikan lingkungan dari program SPGRM. Sedangkan jumlah RT di Kel Batu Ampar ada sebanyak 58 RT.
Proyek Drainase SPGRM Batu Ampar
Sambung Hasanah, pelaksanaan SPGRM Batu Ampar, dimulai sejak bulan Juni 2014 untuk tahap pertama. Selanjutnya tahap II (kedua) kita baru bisa dropping bahan material bangunan bulan September sehubungan banyak kegiatan di bulan Agustus  selain bertepatan juga perayaan Idul Fitri dan selanjutnya kegiatan-kegiatan perayaan hari Kemerdekaan 17 Agustus.
Lebih rinci Kasi Pembangunan ini memaparkan, jenis proyek pembangunan dan perbaikan lingkungan kelurahan melalui program SPGRM Kelurahan Batu Ampar ini yaitu semenisasi gang, pembangunan dan perbaikan parit/drainase, perbaikan pos yandu. SPGRM tahun ini yang dominan yakni proyek semenisasi, salah satunya di RT 15,  sedangkan proyek darinase ada di RT 50 dan semenisasi di RT 50 ini adalah swadaya warga, jelas Hasanah.
Ketika ditanya tentang adakah pembangunan siring, Hasanah mengutarakan pembangunan siring ada, namun siring itu satu paket dengan semenisasi, ujarnya.
Diketahui, jumlah anggaran SPGRM yang terserap di Kelurahan Batu Ampar untuk tahun 2014  jika dinominalkan yakni sebesar Rp.291 juta. Setiap proyek nominalnya bervariasi mulai dari 5 juta rupiah hingga terbesar 17 juta rupiah lebih, jelas Hasanah.
Selanjutnya, pelaksanaan SPGRM di Kelurahan  Mekar Sari-Kec. Balikpapan Tengah, juga sudah selesai hingga 100 persen pada akhir September lalu. Dropping bahan material bangunan dilakukan oleh pihak kelurahan pada bulan Agustus lalu, dan pelaksanaan proyek bulan September oleh pihak kontraktor selaku rekanan. Proyek SPGRM di Kelurahan Mekar Sari ini di lelang sehubungan total anggaran yang terserap melebihi 200 juta, ujar Abdul Gani. Pernyataan Kasi Pembangunan Abdul Gani yang juga diamini oleh Lurah Mekar Sari Ibu Tati Setiawati.
Menurut Abdul Gani, paket proyek SPGRM di Kel Mekar Sari ini ada 17 paket. Proyek SPGRM tahun 2014 ini, dikatakan Abdul Gani didominasi proyek semenisasi jalan/gang, lalu kemudian  pembangunan/perbaikan drainase dan siring.
Dijelaskan Abdul Gani, besar anggaran proyek SPGRM Mekar Sari terkecil dengan nominal Rp.7 juta lebih yaitu drainase di RT.02. Sedangkan nominal terbesar SPGRM Mekar Sari ini yakni Rp.20 juta untuk pembangunan siring. Total nominal SPGRM Mekar Sari Rp.260 juta lebih, sebagaimana disampaikan oleh Lurah Tati Setiawati.
Disampaikan Abdul Gani tingkat swadaya warga/masyarakat setempat dibeberapa RT Kelurahan Mekar Sari ini termasuk tinggi. Namun saat ini jika dilihat secara nominal besaran swadaya warga belum bisa disampaikan secara global (menyeluruh) karena baru sebagaian kecil RT yang sudah menyampaikan laporan perhitungan nominal swadaya warganya ke kelurahan. Dalam waktu yang tidak lama laporan RT harapan kami sudah terkumpul dikelurahan. (mgdr)


--------------------------------------------------------------------------------
Proyek SPGRM Graha Indah Hampir Rampung



Proyek pemeliharaan dan perbaikan  lingkungan kelurahan, di Kelurahan Graha Indah,  ada sebanyak 23 paket kegiatan SPGRM tahun 2014. Pelaksanaannya saat ini secara fisik sudah hampir selesai sebagaimana disampaikan oleh Lurah Graha Indah Nunung Nurjaya,S.Sos diruang kerjanya Senin  22 September 2014 kemarin. Walau demikian, pencairan dana  anggaran SPGRM kepada pihak rekanan belum dicairkan, ujar Lurah.

Lokasi Rencana Proyek SPGRM Kel Graha Indah
Lurah mengatakan, jumlah dana anggaran SPGRM dari Pemkot yang dapat diserap untuk 23 paket kegiatan di 23 lokasi RT di kelurahan Graha Indah  ini senilai Rp.298 juta. Menurut Lurah ini, ada beberapa jenis kegitan proyek SPGRM yang diusulkan oleh para Ketua RT bersama LPM, seperti semenisasi jalan/gang, pembuatan dan perbaikan drainase, perbaikan gorong-gorong, pembangunan dan perbaikan posyandu.

Pelaksanaan proyek pembangunan SPGRM di Kelurahan Grahan Indah ini boleh dibilang lebih cepat, jika dibandingkan dengan pelaksanaan kegiatan yang sama di beberapa kelurahan lain. 
Proyek Semenisasi SPGRM Kel Graha Indah
Kemudian, ketika ditanya mengenai kenapa pelaksanaan SPGRM Graha Indah ini bisa lebih cepat ?  Menurut lurah, jauh sebelumnya para ketua RT bersama LPM sudah mempersiapkan segala yang diperlukan dalam rangka untuk dapat lebih cepat melaksanakan kegiatan ini, termasuk rekanan sudah  mengajukan  usulan mereka dan siap untuk melaksanakan kegiatan tersebut, ujar lurah.

Proyek Semenisasi SPGRM Kel graha Indah telah rampung

Lurah menambahkan, proyek SPGRM bisa diselesaikan oleh  mereka yang terpilih selaku pelaksana lapangan disebut sebagai pihak rekanan. Rekanan dipilih dengan penunjukan langsung (PL)  dari beberapa rekanan yang mendaftar di kelurahan. Setelah mendapat rekanan terpilih sebagai pelaksana proyek yaitu sekitar bulan Juli 2014 lalu, maka setelah Idul Fitri  rekanan sudah turun kerja sehingga pelaksanaan proyek tersebut dapat lebih cepat,  ini juga karena dukungan warga setempat sehingga SPGRM dapat berjalan dengan lancar, ujar Nunung Nurjaya. 
Ketika ditanya mengenai tingkat swadaya warga setempat, lebih jauh lurah Graha Indah ini mengungkapkan, sampai sekarang para ketua RT sedang menyusun laporan mengenai jumlah nominal swadaya warga yang diperoleh dalam pelkasanaan SPGRM  tahun ini. Namun sebagai gambaran, diperkirakan tingkat  swadaya masyarakat/warga sekitar 20-25% dari total SPGRM Pemkot, kata Lurah. (Mg)

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pelayanan KB Gratis Dalam Rangka Bhakti Sosial
Bis BKKBN Kaltim Khusus Pelayanan KB MOP 
Pelayanan akseptor KB gratis bagi warga masyarakat, kali ini dilakukan oleh Perwakilan BKKBN  Propinsi Kaltim bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan. Pelayanan KB gratis selama satu hari Sabtu 13 Sept 2014. Kegiatan KB Gratis tersebut dipusatkan di Puskesmas Kecamatan Manggar Baru Kota Balikpapan.
Menurut Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Kaltim H Yenrizal Makmur,SP,MM, kegiatan pelayanan KB gratis ini merupakan kegiatan Bhakti Sosial. Ada yang kita namakan Bhakti Sosial kepada masyarakat, ujar Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim ini. 
Menurut Yenrizal Makmur, SP,MM kegiatan pelayanan KB gratis ini juga merupakan implementasi MoU BKKBN Kaltim dengan TNI selama beberapa bulan yakni mulai bulan Mei hingga September 2014,  jadi Mou kita selama 5 (lima)  bulan untuk pelaksanaan kegiatan pelayanan KB gratis kepada masyarakat. Ini juga kita lakukan dalam rangka Bhakti Sosial kepada masyarakat. Intinya, bagaimana kita menjadikan pelayanan kepada masyarakat supaya masyarakat semakin banyak peserta atau akseptor KB, tandasnya.
Menurut Yenrizal beberapa kegiatan KB gratis yang biasanya dilakukan oleh BKKBN Perwakilan Kaltim, seperti pelayanan KB perkotaan, pelayanan KB Pedesaan, Pelayanan KB bagi warga pesisir yaitu nelayan, dan pelayanan KB bagi warga masyarakat yang tinggal disepanjang pinggir Sungai, paparnya.
Salah seorang warga (kanan)  mendapat pelayanan  KB MOP
Yenrizal  menyebutkan ada beberapa jenis pelayanan alat kontrasepsi KB, bagi ibu-ibu seperti : Inplant, IUD, Suntik KB,  Pil KB. Lebih jauh Yenrizal menjelaskan inplant ini dipakai para ibu bilamana isteri dengan suami sepakat ingin jarak kelahiran anak dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun, bisa menggunakan alat kontrasepsi inplant, sarannya.  Tambahnya,  kemudian, alat kontrasepsi IUD bisa digunakan bilamana diinginkan jarak melahirkan anak yang kedua misalnya setelah lima tahun.
Sedangkan suntik KB,  itu dilakukan setiap tiga bulan, bisa dilakukan setiap tiga bulan. Secara periodic.  Ada juga mengguanakan  pil KB.  Kemudian, pelayanan KB bagi laki-laki (suami) alat kontrasepsinya yaitu kondom, dan ada juga yang dinamakan medis operasi pria (MOP). Medis operasi pria ini sifatnya parmanen.  Jika pasangan suami isteri sepakat tidak lagi menambah anak ke depan, maka dapat menggunakan medis operasi pria ini. Kita himbau juga para bapak-bapak (suami) ikutlah menjadi peserta akseptor KB, pinta Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim ini.
Disinggung mengenai adanya pelayanan KB di Puskesmas, Yenrizal mengakui pelayanan KB di Puskesmas-Puskesmas itu juga ada. Itu pelayanan statis  atau pelayanan rutin, paparnya.
Saat ditanyai oleh Majalah Borneo Online mengenai apakah pelayanan KB di Puskesmas yang dilaksanakan secara rutin juga gratis atau ada biaya administrasi ?. Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Kaltim H.Yenrizal Makmur, SP,MM menjawab “kita tidak tahu di Puskesmas apakah ada biaya administrasi, namun harapan kita sekarang kan sudah ada BPJS, bagi keluarga yang sudah ada kartu BPJS seyogianya kita harapkan bisa gratis karena anggaran sudah ada ditanggung oleh pemerintah”, jawabnya.
Menurut Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim ini, yang menjadi tujuan pelayanan KB bagi masyarakat yaitu untuk mendukung bagaimana masyarakat bisa hidup bahagia dan sejahtera, katanya singkat sehubungan ia bersama rombongan sudah siap-siap mau berangkat kembali ke Samarinda.
Pegawai BKKBN sedang menerima IRT minta pelayanan KB
Dari hasil kegiatan selama sehari bhakti sosial pelayanan akseptor KB gratis di Puskesmas Kecamatan Manggar Baru Balikpapan ini, Samsudin salah seorang dari Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPPKB) Kota Balikpapan sekaligus menjadi koordinator  kegiatan pelayanan KB gratis ini. Usai kegiatan pelayanan pada sore hari bertepatan Sabtu sebagai hari libur PNS, Samsudin menyebutkan data rekapitulasi peserta KB yang terjaring dalam kegiatan pelayanan KB gratis  tersebut,  bagi masing-masing jenis kontrasepsi dan pelayanan,  yakni pengguna Inplant 29 orang ibu, IUD 5 orang, Suntik KB 10 orang dan pemakai pil KB sebanyak 9 orang ibu. 
Sedangkan kalangan pria  (suami) yang datang  menjadi akseptor KB pada kegiatan tersebut, ternyata cuma 1 (satu) orang. Bapak yang menjadi akseptor KB ini meminta dirinya mendapat pelayanan MOP (medis operasi pria) setelah mereka sudah memiliki 3 (tiga) orang anak. 
Penggunaan MOB dalam KB itu berarti  mereka (suami & Isteri) sudah sepakat dan memutuskan tidak menambah anak lagi selanjutnya, karena MOP salah satu penggunaan kontrasepsi/pelayanan KB yang parmanen alias sang suami tidak dapat lagi menghasilkan sel telur untuk dibuahi.   (Pasaribu)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Disperindagkop Kota Balikpapan 
Lakukan Kegiatan Tera Timbangan

Pegawai Disperindagkop data timbangan untuk di tera
Untuk menstandarisasi akurasi satuan alat ukur timbangan milik para pedagang Kota Balikpapan, tera terhadap timbangan milik para pedagang dilaksanakan diberbagai tempat oleh Disperindagkop Balikpapan bekerjasama dengan Disperindagkop Propinsi Kaltim.

Salah satunya lokasi yang menjadi tempat kegiatan peneraan timbangan-timbangan pedagang tersebut, mengambil tempat di depan kantor Kelurahan Karang Jati Kecamatan Balikpapan Tengah pada hari Rabu 02/09/14.

Kepala sidang dalam kegiatan tera timbangan Bapak B.Gultom yang ditemui Majalah Borneo Online di tempat pelaksanaan kegiatan ini mengatakan, kegiatan tera timbangan ini mereka lakukan secara rutin setiap tahun.

B.Gultom (paling kanan) Sedang  Uji Akurasi Timbangan
Gultom menyampaikan, kegiatan tera timbangan ini sudah merupakan kegiatan rutin Disperindagkop setiap tahun. Lanjutnya, dalam setahun kita bisa lakukan secara periodik dua kali diberbagai lokasi seperti di lokasi pasar-pasar, di lokasi yang banyak pedagang dan kantor pengusaha yang banyak menggunakan alat ukur timbangan.

Gultom menambahkan, kegiatan tera timbangan yang berada di depan Kantor Lurah Karang Jati Jl. A Yani Balikpapan ini sudah menjalani hari ke tiga. Sebelumnya kita sudah melakukan kegiatan yang sama di Pasar Pandansari, Pasar Klandasan, Pasar Baru, Pasar Sepinggan, Pasar Manggar, sebut Gultom. Sambung Gultom,  jadi tera timbangan milik para pedagang Kota Balikpapan ini boleh dikatakan sebagian besar sudah kita tera, sebutnya, yang juga diakui oleh bawahannya yang sedang berada disamping Gultom.

Ketika Majalah Borneo Online menanyakan apa saja yang menyebabkan alat ukur timbangan bisa berubah dari ukuran standar yang telah ditentukan, Gultom menyebutkan ada beberapa penyebab seperti alat ukur yang kotor, alat ukur haus, alat ukur rusak karena berbagai penyebab. Maka melalui kegiatan tera timbangan ini, alat ukur timbangan para pedagang dan pengusaha ini kembali kita standarisasikan sehingga timbangan menjadi alat ukur yang tepat dan akurat dapat digunakan.
 

Ditanya soal apakah Disperindagkop pernah menemukan timbangan pedagang yang sengaja direkayasa sihingga alat ukur timbangan tersebut tidak akurat lagi dengan motivasi agar lebih menguntungkan bagi pedagang, Gultom mengakui beberapa tahun lalu pihak Disperindagkop pernah menemukan hal seperti itu.

Sambung Gultom, salah satu tindakan yang dapat segera diambil oleh Disperindagkop jika menemukan timbangan yang direkayasa yaitu timbangan tersebut langsung disita alias tidak boleh dipergunakan lagi.

Sedangkan tindakan selanjutnya kita lakukan himbauan dan teguran sekaligus sosialisasi peraturan-peraturan dan ranah hukum yang berhubungan dengan perbuatan mereka. Namun, temuan itu tidak berada di Kota Balikpapan dan itu juga terjadi sudah beberapa tahun lalu, ungkap Gultom. (Mgdr) 
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kompos “Takakura” SMAN 9 Ke Depan Akan Dijual
Mengikuti Permintaan Masyarakat

Pupuk kompos “Takakura”  produksi siswa-siswi  SMAN 9 Kota Balikpapan,  ikut dipamerkan pada acara peresmian sekaligus pembukaan Kebun Raya Balikpapan (KRB).  Dalam momen peresmian dan pembukaan KRB  oleh Menteri Kehutanan pada 20 Agustus 2014, SMAN 9 mengambil tempat stand pameran disebelah sisi kiri gedung pusat informasi (central information) KRB, juga  beberapa stand home industry (industry rumah-tangga) usaha mikro Kota Balikpapan ambil bagian pameran di KRB.
Untuk memperkenalkan pupuk kompos “Takakura” kepada khalayak ramai yaitu para tamu undangan  pada peresmian KRB, paling sedikit ada 5 orang siswa-siswi SMAN 9 selalu siap melayani para tamu yang bermaksud untuk mengetahui dan mendalami proses pembuatan pupuk kompos Takakura,  yang awalnya temuan orang Jepang tersebut.
Menurut para siswa SMAN 9 yang setia menjaga stand pameran untuk memperkenalkan kompos Takakura ini, proses pembuatan Takakura paling cepat selama 1 bulan. Siswa ini mengutarakan ada 12 alat dan bahan pembuatan pupuk kompos Takakura. Selain bahan-bahannya terdiri dari benda padat seperti sekam, dedak, gula merah dan potongan sisa sayuran, juga bahannya terdiri dari zat cair yang mereka sebut starter. Starter ini mereka olah dari zat padat menjadi cair prosesnya memakan waktu selama satu minggu.  Ada juga mereka sebut bibit, saat pameran bibit yang dimaksud mereka kemas dalam stoples.
Pameran kompos “Takakura” produksi siswa-siswi SMAN 9 ini hanya dilakukan satu hari saja di lokasi KRB sehubungan kegiatan rutin siswa-siswi ini  sehari-hari harus hadir menuntut ilmu pengetahuan di sekolah. Untuk itu,  para siswa-siswi ini mengaku bagi  setiap orang yang ingin lebih mendalami informasi tentang proses pembuatan maupun manfaat kompos Takakura, mereka siap melayani para tamu, termasuk melayani pembelian Takakura SMAN 9 ke depannya. Hal ini juga diakui oleh  Wakil Kepala Sekolah Bapak Galatia yang dikonfirmasi per telepon oleh Majalah Borneo Online.  
Menurut Wakasek Galatia putra daerah asli Kaltim ini, kompos Takakura sementara ini pihaknya sudah menggunakannya di areal taman-taman pekarangan SMAN 9. Dari kunjungan Majalah Borneo Online, di pekarangan terdepan sebelah kanan SMAN 9 ini, memang langsung dapat kita lihat tanaman obat-obatan tradisional karya siswa SMAN 9.
Bagi warga masyarakat yang sangat antusias mengelola kebun sekitar pekarangan rumah, kebun kebun sayuran-mayur dan buah-buahan, tanaman obat skala kecil karena lahan terbatas, sangat cocok didukung pupuk kompos Takakura buatan siswa SMAN 9 ini, karena Takakura mereka sudah melalui penelitian laboratorium.

Bahkan para warga yang ingin membeli kompos Takakura di SMAN 9 yang berada di Km 16 Jl.Soekarno Hatta ini, akan mendapatkan informasi lebih luas tentang berbagai jenis unsur vitamin tumbuhan dikandung oleh Takakura. Hingga informasi mengenai kompos Takakura paling cocok digunakan untuk tanaman tumbuhan apa saja, semuanya ada di SMAN 9 Balikapapan. 
Lebih jauh Galatia mengutarakan, ke depan, SMAN 9 rencananya akan terus memproduksi  kompos Takakura dalam jumlah banyak mengikuti permintaan masayrakat, selain itu mereka manfaatkan sendiri dalam upaya mendukung sukseskan visi SMAN 9 yang berwawasan “botanical garden schooll”. Ia juga mengakui keberhasilan sekolahnya dalam mensukseskan visi botanical garden schooll ini ke depan, harapan mereka tak lepas dari dukungan pihak terkait pemerintah Kota Balikpapan hingga pihak kementerian terkait maupun dukungan pihak luar, ungkap Galatia.  (P1000)
-----------------------------------------------------------------------------------------------
POLRI KEMBALI DIMINTA 
IKUT PULIHKAN KEAMANAN DI SUDAN

Lembaga Kepolisian RI, diminta lagi oleh pihak internasional/PBB ikut dalam memulihkan dan meningkatkan keamanan di Sudan. Pasukan Tim Garuda Bhayangkara dari satuan Polri yang dikirim oleh Indonesia ke Sudan atas permintaan negara-negara luar (internasional) untuk ikut serta memulihkan dan meningkatkan keamanan atas pergolakan selama ini di Sudan. Misi perdamaian Pasukan Tim Garuda Bhayangkara ke berbagai Negara sejak tahun 2000 hingga saat ini, tentu ini sejarah bagi Lembaga Kepolisian RI terus mendapat kepercayaan yang tinggi dari negara-negara dunia internasional dalam tugas misi perdamaian dunia. Polri dianggap mampu berperan aktif untuk ikut memulihkan dan meningkatkan keamanan di negara asing seperti Sudan, Bosnia, Afganistan, Afrika, Haiti, Somalia dan beberapa negara lainnya selama ini.
Pasukan Tim Garuda Bhayangkara Polri yang dikirim kembali pada bulan Agustu 2014 ke Sudan, menurut H Andi Agoes, bagi Indonesia kepercayaan ini bukanlah hal yang gampang bisa diraih oleh Kepolisian RI, jika lembaga kepolisian dinilai pihak luar kinerjanya selama ini tidak semakin professional. Menurutnya, lembaga kepolisisan saat ini, juga telah dipandang oleh pihak negara luar semakin aktif dan serius dalam berbagai tindakan kejahatan lintas internasional sehingga dianggap semakin profesional, tambahnya.
H Andi Agoes saat ditemui Majalah Borneo Online, saat itu ia yang terlihat cukup lelah berhubung baru tiba dari Jakarta dalam rangka menghadiri sidang di Mahkamah Konsitusi (MK) atas perkara hasil Pilpres gugatan kubu Prabowo-Hatta Rajasa, walau demikian ia masih bersedia ditemui di rumahnya untuk diwawancarai.
Dalam kesempatan yang sama, Andi Agoes lebih jauh mengutarakan, Polri yang sampai saat ini mendapat kepercayaan dari PBB memberi bukti bahwa lembaga Kepolisian RI saat ini semakin dipercaya karena berhasil menindak beberapa kejahatan lintas Negara.
Andi Agoes lebih rinci mengungkapkan, beberapa prestasi kinerja Kepolisian  Republik Indonesia beberapa tahun belakangan ini sehingga Polri semakin dipercaya dalam misi perdamaian dunia melalui organisasi internasional PBB. Menurutnya beberapa prestasi kinerja Polri yang juga menjadi pertimbangan penilaian Negara asing dalam lembaga internasional PBB, Polri yang semakin professional dalam tugasnya, termasuk dalam kinerja Polri menindak beberapa kejahatan lintas internasional.
Andi Agoes Y,SH Tokoh Masayarakat
Prestasi kinerja Polri menindak kejahatan lintas internasional tersebut, sebut Andi Agoes, Pertama, Kepolisian RI berhasil menangkap dan memberantas jaringan teroris serta menghantarkan para tokoh teroris Indonesia untuk ditindak secara hukum serta mampu bekerjasama dengan berbagai lembaga kepolisian luar negeri dalam menangkap terorisme,  itu pertama, ujarnya.
Kedua, Kepolisian RI berhasil menangkap dan menindak pelaku kejahatan narkoba dan jaringannya. Baik warga asing maupun bandar-bandar besar narkoba orang Indonesia. Ini juga pertanda Kepolisian telah menunjukkan kinerja lebih baik dan serius memberantas  peredaran narkoba di Indonesia maupun peredaran narkoba lintas negara.
Ketiga, Kepolisian RI berulangkali sudah menunjukkan keberhasilan dalam menindak pengiriman tenaga kerja illegal Indonesia ke luar negeri, termasuk penjualan bayi Indonesia ke luar negeri yang selama ini banyak terjadi dari berbagai pulau Indonesia, sebut Andi Agoes.
Tiga keberhasilan Polri ini, juga dianggap pihak luar merupakan kinerja serius dari Polri serta Polri dianggap mampu bekerjasama dengan lembaga keamanan beberapa negara luar untuk menindak kriminal lintas negara, menjajaga dan memulihkan keamanan dalam misi perdamaian dunia, sehingga negara-negara  internasional  melalui organisasi PBB percaya terhadap Polri, hingga saat ini Pasukan Tim Garuda Bhayangkara Polri diminta tetap ikut dalam pemulihan keamanan di Sudan.
Dalam kesempatan ini juga H Andi Agoes Y, SH melalui  Media Majalah Borneo Online memberikan apresiasi yang tinggi kepada Polri dan jajarannya seraya mengucapkan “Selamat Kepada POLRI Atas Kepercayaan Dunia Internasional / PBB Dalam Rangka  Pemulihan Keamanan Di Sudan”, Kita Harapkan POLRI Ke Depan Semakin Maju Lagi dan Profesional Mengemban Amanat Negara, Maju Terus”, ungkap Andi Agoes.  (P1000)
=============================================
ISIS Bertentangan Ajaran Islam

Harus Dihapuskan Dari Indonesia
 
Tokoh Kaltim H.Andi Agoes Y, SH Berseru Tolak ISIS
Kekhawatiran masyarakat tentang berkembangnya paham radikal ISIS di Indonesia tidaklah berlebihan bagi sebuah Negara yang memiliki keragaman ras (rasis, agama dan suku-red). Semakin bertambahnya jumlah warga Indonesia dibaiat (diangkat dan disumpah) masuk kelompok ajaran ISIS (Islamic State Irak and Syria), patut diantisipasi untuk mencegah meluasnya pengaruh ajaran ektrim ini ke berbagai pulau seluruh Indonesia.
H Andi Agoes Y,SH salah seorang tokoh masyarakat Kaltim yang tinggal di Kota Balikpapan ini mengaku setiap hari mengikuti secara rutin pemberitaan tentang ISIS ini, ikut prihatin dan memberikan pendapat tentang kekhawatiran berkembangnya kelompok ajaran ISIS di Indonesia. Andi Agoes mengatakan   ajaran ISIS yang sangat radikal ini tentu memungkinkan terjadi pengkotak-kotakkan pemeluk agama yang sama  karena paham-paham /ajaran ISIS bertentangan dengan ajaran agama Islam yang ada di Indonesia dan bertentangan dengan azas Negara Indonesia yaitu Pancasila.
Ia mengungkapkan, ajaran radikal ISIS  tersebut juga dapat menimbulkan konflik horizontal diantara penganut agama yang sama apalagi terhadap agama berbeda. Lebih sadis lagi, bahkan ajaran ISIS tidak segan melakukan pembunuhan kepada setiap warga yang tidak mau bergabung dengan kelompok ISIS. Ini sungguh sangat kejam dan biadab, ini sangat ditentang oleh ajaran semua agama sah yang ada di negeri Indonesia Merdeka dan Berdaulat tercinta ini, tandas H Andi Agoes.
Lebih tegas lagi Andi Agoes mengatakan “Negara kita adalah negara yang berdasarkan azas Pancasila yang Berketuhanan Yang Maha Esa yang berarti taat kepada ajaran Allah untuk tidak saling membunuh sesame manusia, tidak seorangpun dapat membantahnya. Selain itu tambah Andi Agoes masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang berkebudayaan, berkeadilan sosial dan berkemanusiaan yang berarti menghormati hak azasi orang lain dan tidak memaksakan kehendak terhadapa orang lain” ujarnya.
Lebih jauh dari sisi agama H Andi Agoes mengutarakan “Allah dengan sengaja menciptakan manusia berbagai macam ragam, baik pemeluk agama yang berbeda, suku, golongan, perbedaan warna kulit, perbedaan ragam bahasa namun dipersatukan dalam satu ajaran dimana setiap pemeluk agama untuk saling menghargai dan mencintai sesama manusia dalam satu persaudaraan.  Tidak satupun ajaran agama yang ada di Indonesia mengajarkan untuk saling membunuh seperti ajaran ISIS ini, tandas Agoes.
Tokoh Masyarakat Kaltim ini kembali menegaskan “ajaran ISIS sangat bertentangan dengan ajaran agama Islam yang ada di Indonesia”. Tambahnya, ISIS tidak mengakui adanya kitab-kitab yang diturunkan Allah dari langit yaitu Hukum Taurat,  Zabur, Injil dan Aqur’an sebagaimana diakui agama Islam Indonesia. ISIS tidak mengakui ajaran empat kitab yang diturunkan oleh Allah ke bumi ini, sehingga ajaran ISIS sangat bertentangan dengan Agama Islam dan bisa menggoyahkan keimanan generasi penerus masyarakat Islam  Indonesia. 


Ia memaparkan, rakyat Islam Indonesia adalah rakyat yang cinta damai, cinta akan keamanan setiap warga Negara dan wilayah Indonesia. Tidak satu pun Agama di Indonesia ini mengajarkan untuk saling membunuh sesama manusia, namun yang diajarkan agama di Indonesia agar saling mencintai dan mengasihi, menjunjung tinggi perdamaian diantara sesama, tandas Andi Agoes.
Ajaran ISIS menurut H Andi Agoes adalah ajaran yang diciptakan oleh manusia dan sangat bertentangan dengan ajaran Agama Islam yang diturunkan oleh Allah. Oleh sebab itu, H Andi Agoes meminta kepada pemerintah dan semua elemen masyarakat untuk menentang dan menolak ajaran ISIS. Ajaran ISIS harus dihapuskan dari Tanah Air Indonesia, seru Andi Agoes.
Apabila semakin banyak masyarakat Indonesia yang dibaiat menjadi anggota ajaran ISIS, tokoh masyarakat Kaltim ini mengkhawatirkan akan terjadi munculnya kembali paham-paham pendirian Negara Islam Indonesia (NII) sebagaimana pada masa pemerintahan Soeharto dulu NII itu ada walaupun saat itu tidak bisa berkembang secara resmi. Oleh sebab itu sebelum ISIS berkembang, pemerintah secepatnya dapat mengantisipasi dan menghapuskan ISIS dari seluruh wilayah Tanah Air Indonesia, seru Andi Agoes kembali.


Antisipasi Baiat ISIS Mulai di Wilayah  RT

Salah satu cara untuk mengantisipasi makin banyaknya warga yang direkrut oleh penganut ajaran ekstrim ISIS ini di wilayah Negara Kesatuan Indonesia ini menurut H Andi Agoes Y, SH, mengajak masayarakat dengan cara meningkatkat kegiatan kewaspadaan dan tanggap dimulai di wilayah terkecil yaitu wilayah Rukun Tetangga (RT). 


Menurut Andi Agoes, semua kegiatan aktivitas masyarakat tentu berada di wilayah setiap RT. Oleh sebab itu setiap Ketua RT dibantu oleh aparat kantibmas yang didukung oleh berbagai elemen warga diwilayah RT sehingga dapat mengetahui setiap kegiatan yang terjadi diwilayah RT mereka. 
Melalui media Majalah Borneo Online tokoh Kaltim H Andi Agoes Y, SH ini meminta secara khusus agar setiap RT wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara) meningkatkan kewaspadaan terhadap semua kegiatan warga yang ada diwilayah RT masing-masing. Bilamana ada isu-isu tentang kegiatan warga yang mencurigakan agar segara dilaporkan kepada pihak Ketua RT dan selanjutnya Ketua RT menindaklanjuti laporan warga ke pihak kepolisian. Pihak kepolisian segera menyelidiki untuk mengetahui kegiatan warga tersebut apakah membahayakan atau tidak. Jangan sampai Ketua RT sendiri tidak tau kegiatan sekelompok warganya. Apalagi kegiatan sekelompok warga yang terjadi di wilayahnya justru dapat membahayakan warganya bahkan membahayakan bagi NKRI seperti kelompok ajaran ISIS ini, ujarnya.
Namun, untuk meningkatkan kewaspadaan setiap ketua RT di Kaltim dan Kaltara,  qAndi Agoes juga meminta pemkot dan pemkab setempat turut membantu dan mendukung upaya peningkatan gerak setiap ketua RT sehingga ketua RT bersama perangkat kantibmas dapat meningkatkan kinerja dan meningkatkan kerjasama erat dengan warga masyarakat di lingkungannya, pinta H Andi Agoes. (P1000)

-------------------------------------------------------------------------------------------
PUTRA DAERAH KALTIM 
SAATNYA DUDUK MENJADI MENTERI

H. ANDI AGOES Y, SH  TOKOH  MASYARAKAT KALTIM
Pasca kemenangan pasangan terpilih Presiden Joko Widodo-Yusuf Kala (JW-JK), tokoh masyarakat Kaltim H Andi Agoes Y SH yang juga Ketua Korwil Kalimantan Pejuang Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia (PPKRI) ini memberikan pendapat mengenai pemilihan menteri di era pemerintahan Presiden yang baru nanti. H Andi Agoes Y SH mengutarakan saatnya era pemerintahan baru yang akan dipimpin JW-JK, salah seorang putra/putri daerah Kaltim dapat terpilih untuk duduk menjadi menteri. 
H Andi Agoes Y SH yang juga dikenal mantan Ketua Gabungan Wartawan Kalimantan (GAWAK) yang sering disapa sesepuh GAWAK sebagai Panglima ini  menambahkan untuk mendukung percepatan pembangunan di wilayah Kaltim dan Kaltara sebagai daerah yang kaya sumber daya alam (SDA), putra-putri Kaltim sebaiknya dapat terpilih menjadi menteri era pemerintahan periode lima tahun kedepan ( 2014-2019) Menurutnya, ada dua putra/putri daerah Kaltim yang layak dicalonkan menduduki kursi kementerian pada pemerintahan baru nanti yaitu H.Awang Farouk (saat ini menjabat Gubernur Kaltim)  dan Rita Widyasari (saat ini Bupati Kutai Kartanegara). Dua putra-putri Kaltim ini melalui seruan H Andi Agoes ke media center JW-JK  agar dimasukkan menjadi calon sehingga dapat dipilih oleh JW-JK menjadi menteri pada pemerintahan kebangsaan yang akan datang.

Lebih jauh Andi Agoes mengatakan selain kedua orang putra-putri Kaltim ini tidak diragukan lagi kemampuan memimpin rakyat dan menjalankan pemerintahan serta  kapabilitas mereka. 
Terkait dengan pembangunan di Kaltim H Andi Agoes menambahkan Kaltim sebagai salah satu daerah yang sangat kaya SDA namun masih jauh tertinggal dari daerah lain, maka pasangan Preside/Wakil Presiden baru nanti perlu memperhatikan serta mempertimbangkan usulan rakyat daerah Kaltim ini untuk mendudukkan jatah menteri dari Kaltim. 

H Andi Agoes mengungkapkan, selama ini putra daerah Kaltim belum pernah terpilih dan duduk di kursi kementerian sehingga pembangunan Kaltim selaku daerah kaya SDA sangat terlambat dibanding daerah propinsi lain. Ia melanjutkan, jika putra-putri Kaltim diberi kesempatan oleh Presiden terpilih JW-JK  duduk disalah satu kementerian nanti, maka Kaltim dan Kaltara akan dapat lebih cepat berkembang mengimbangi daerah-daerah lain diluar pulau Kalimantan, ujarnya.

Menurut Andi Agoes, seorang menteri merupakan bagian pemerintah pusat yang paling berperan penting dalam memberikan kebijakan strategis untuk mempercepat pembangunan di daerah-daerah. Serlama ini Pulau Kalimantan kurang mendapat keseriusan pemerintah pusat sehingga pembangunan wilayah-wilayah daerah perbatasan masih lambat dan tidak sesuai harapan rakyat Kalimanta sebagai daerah kaya SDA.

Andi Agoes juga menyinggung, Kaltim yang sedang dalam pemekaran menjadi 2 (dua) propinsi yaitu Kaltim dan Kaltara membutuhkan ekstra perhatian pusat sehingga nantinya dapat berkembang sesuai harapan rakyat Kaltim dan Kaltara.  Andi Agoes yakin bila putra daerah Kaltim terpilih menduduki kursi menteri  tentu putra daerah akan memberikan perhatian ekstra dan kerja keras untuk membangun daerahnya sendiri. 

Selain itu, tambah putra daerah kelahiran Propinsi Kaltara ini saya secara pribadi dan para tokoh masyarakat Kaltim-Kaltara akan selalu memberikan support dan dukungan penuh untuk mempermudah urusan yang berhubungan dengan rakyat dalam rangka upaya mempercepat pembangunan. Termasuk support terhadap menteri putra daerah Kaltim dimaksud untuk menekankan agar selalu koordinasi dan kerjasama yang baik dengan para menteri lain sehingga pembangunan Kaltim-Kaltara dapat berjalan lancar di berbagai bidang yang ditunggu rakyat Kaltim-Kaltara, tandasnya. (P1000)


Ada kesalahan di dalam gadget ini